SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI HYPERMARKET POTENSIAL MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : HYPERMART PEKANBARU)

Aidil Hazrianto, (2009) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI HYPERMARKET POTENSIAL MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : HYPERMART PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2009_201146.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penambahan gerai baru merupakan salah satu upaya Hypermart untuk terus tumbuh dan berkembang. Pemilihan lokasi merupakan masalah utama dalam perencanaan pembukaan gerai baru, karena banyaknya kriteria penentu yang dipertimbangkan. Kriteria-kriteria tersebut adalah sarana transportasi, tingkat perekonomian, jumlah penduduk, jarak dari pusat kota, tingkat persaingan, kondisi jalan, luas area, areal parkir, keamanan, harga sewa, dan sumber daya manusia. Banyaknya pilihan lokasi yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta kurang objektifnya data hasil analisa sehingga perlu dievaluasi berulang-ulang. Untuk itu perlu sistem yang mampu mengatasi hal tersebut. Sistem yang dirancang adalah sistem pendukung keputusan untuk pemilihan lokasi hypermarket potensial menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Setelah dilakukan analisa dan pengujian, sistem ini mampu untuk menangani banyak perbandingan alternatif lokasi. Selain itu data yang dihasilkan lebih objektif dan menghemat waktu dalam pemilihan lokasi hypermarket yang terkomputerisasi. Kata kunci : AHP, Alternatif Lokasi, Kriteria, Sistem Pendukung Keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:53
Last Modified: 11 Jan 2016 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item