Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROSEDUR PERIZINAN TOKO MODERN DI DESA SUNGAI GANTANG KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DITINJAU MENURUT FIKIH SIYASAH

MULYADI, - (2021) PROSEDUR PERIZINAN TOKO MODERN DI DESA SUNGAI GANTANG KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DITINJAU MENURUT FIKIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MULYADI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mulyadi (2021) : Prosedur Perizinan Toko Modern Di Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir Ditinjau Menurut Fikih Siyasah Penelitian ini dilatar belakangi oleh masuknya toko modern di wilayah Kabupaten Indragirihilir yang biasanya kita jumpai di daerah perkotaan, yaitu indomaret. Akan tetapi tidak memiliki logo ataupun plang papan nama yang bertuliskan indomaret. Hanya saja dari struk belanja jelas bertuliskan nama indomaret. Kemudian adanya indikasi pelanggarakan terhadap pendirian bangunan toko modern tersebut. Persoalan pokok dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana prosedur perizinan toko modern indomaret tersebut dan bagaimana regulasi perizinan toko modern untuk wilayah kabupaten indragirihilir. serta alasan mendirikan toko modern yang sudah beroperasi di Wilayah Kabupaten Indragirihilir khususnya yang ada di Desa Sungai Gantang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Dalam artian penelitian ini menggunakan pengumpulan data dilokasi penelitian terhadap regulasi perizinan toko modern indomaret di Desa Sungai Gantang, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragirihilir. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur perizinan toko modern di Desa Sungai Gantang tidak sesuai sebagaimana yang tertera di dalam perpres No.112 tahun 2007 yang menyebutkan bahwa toko modern seperti indomaret harus memiliki izin usaha mendirikan toko modern atau yang disebut dengan IUMTM. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa izin toko modern yang ada di Desa Sungai Gantang hanya memakai izin surat keterangan usaha dari pemerintahan desa Berbentuk usaha CV. milik pribadi masyarakat setempat. Tidak adanya regulasi yang mengatur tentang pendirian toko modern untuk wilayah kabupaten indragirihilir karena dilarang beroprasinya oleh bapak bupati indragirihilir. Tinjauan fiqh siyasah terhadap prosedur dan regulasi perizinan toko modern di Desa Sungai Gantang belum sesuai dalam konsep fiqh secara umum karena adanya kebijakan yang tidak tegas dan prosedur yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan serta ketidakpatuhan terhadap kebijakan pemimpin. kata kunci : Perizinan, Toko modern, Fiqih siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:18
Last Modified: 24 Jan 2022 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58185

Actions (login required)

View Item View Item