Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD QURAISH SHIHAB

HELMATIANA, - (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD QURAISH SHIHAB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HELMATIANA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Helmatiana, (2021): Konsep Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Quraish Shihab Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Islam perspektif Muhammad Quraish Shihab. Pemikiran Muhammad Quraish Shihab di dasari oleh Al-Qur‟an dan Sunnah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemikiran Pendidikan Islam perspektif Muhammad Quraish Shihab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku-buku karya Muhammad Quraish Shihab. Teknik ini dilakukan dengan cara membaca buku secara komprehensif, mengidentifikasi, dan mengklarifikasi paparan data, dan melakukan analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada tiga aspek Pendidikan Islam menurut Muhammad Quraish Shihab. Pertama, tujuan Pendidikan Islam menurut Muhammad Quraish Shihab adalah membina manusia secara pribadi dan kelompok sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya, guna membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang ditetapkan Allah SWT. Kedua, metode Pendidikan Islam menurut Muhammad Quraish Shihab adalah metode itu harus memperlakukan peserta didik tersebut sejalan dengan unsur penciptaanya, yakni jasmani, akal dan jiwa. Atau dengan kata lain mengarahkannya menjadi manusia seutuhnya. Menurut Muhammad Quraish Shihab ada beberapa metode yang penting dan menonjol dalam al-Qur‟an ialah metode dialog, metode kisah, metode teladan, metode pembiasaan, metode targhib dan tarhib. Ketiga, sifat Pendidikan Islam menurut Muhammad Quraish Shihab ialah sifat Pendidikan Islam yang rabbaniy dan sepanjang hayat. Disebutkan ciri-cirinya seperti dapat mengajarkan Kitab Allah, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, serta mengajarkannya secara terusmenerus. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Muhammad Quraish Shihab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:26
Last Modified: 24 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58184

Actions (login required)

View Item View Item