Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUKUM JUAL BELI RAMBUT MENURUT PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar)

KASTAR NONANG, - (2021) HUKUM JUAL BELI RAMBUT MENURUT PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KASTAR NONANG.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kastar Nonang (2021): HUKUM JUAL BELI RAMBUT MENURUT PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya jual beli rambut di pangkas rambut Junaidi Desa Sungai Raja, yang mana limbah pemotongan rambut dijual kepada petani sawit untuk digunakan atau di manfaatkan sebagai pencegahan hama sawit (babi hutan). Adapun lokasi penelitian ini adalah di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. dan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana mekanisme transaksi jual beli rambut Di Desa Sungai Raja Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar? (2) apa manfaat rambut bagi petani sawit di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar? (3) Bagaimana Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap jual beli rambut di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar?. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui mekanisme transaksi jual beli rambut di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar (2) Untuk mengetahui manfaat rambut bagi petani sawit di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. (3) Untuk mengetahui hukum jual beli rambut Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Adapun metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yang memiliki krakterisktik ( natural setting) sebagai sumber data lansung dan jenis penelitian (field researh) yaitu berdasarkan data maupun informasi yang di dapat dilapangan. Hasil penelitian ini: (1) mekanisme jual beli rambut di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kamparkiri, Kabupaten Kampar dari segi mekanisme telah memenuhi rukun dan syarat dan tidak terdapat melanggar dari rukun dan syarat jual beli. (2) manfaat rambut bagi petani sawit di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar untuk di jadikan pencegahan hama sawit (babi hutan) sangat bernilai manfaat bagi petani sawit tanpa menggelurkan biaya serta tenaga, waktu dan pikiran yang ekstra. (3) tinjauan fiqih muamalah terhadap jual rambut di Desa Sungai Raja , Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar di tinjau dari segi kepemilikan rambut sah milik tukang pangkas berdasarkan teori ‘urf (kebiasaan/adat) serta dari objek jual beli tidak terdapat dalil secara spesifik yang melarang. Maka, penulis kembalikan pada kaidah dasar muamalah “pada dasarnya muamalah itu adalah halal sampai ada dalil yang mengharamkan” jual beli rambut di pangkas rambut junaidi dalam konteks ini adalah sah dan di bolehkan. Kata Kunci : Hukum, Jual Bel, Rambut, Fiqih Muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:28
Last Modified: 24 Jan 2022 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58173

Actions (login required)

View Item View Item