Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMANEGERI 2 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

LENDRA ELPITA, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMANEGERI 2 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Lendra Elpita (2021) : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 2 Tapung Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik, Objeknya adalah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 2 Tapung yang berjumlah 84 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas XI IIS1 sebagai kelas kontrol dan 28 peserta didik kelas XI IIS 2 sebagai kelas ekperimen, total sampel 56 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Make a match lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan tes t yang menunjukkan bahwa t hitung > ttabel taraf signifikan 5 % (1,673) dan 1% (2,397) atau 1,673 < 9,656 < 2,397 berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan signifikan antara Kemampuan pemahaman konsep yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a match dengan Kemampuan pemahaman konsep yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Make a match, Kemampuan Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:25
Last Modified: 24 Jan 2022 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58170

Actions (login required)

View Item View Item