Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT LADA (Piper nigrum L.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS PUPUK NPK 16:16:16 PADA TANAH BEKAS TAMBANG TIMAH

ILHAM, - (2021) RESPON PERTUMBUHAN BIBIT LADA (Piper nigrum L.) DENGAN PEMBERIAN DOSIS PUPUK NPK 16:16:16 PADA TANAH BEKAS TAMBANG TIMAH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang budidaya lada (Piper nigrum L.) pada tanah bekas tambang sudah banyak dilakukan, tetapi mengalami kendala pada pertumbuhan. Tujuan penelitian ini memperoleh dosis pupuk NPK terbaik yang memberikan respon terhadap pertumbuhan lada umur satu bulan pada tanah bekas tambang timah. Penelitian ini dimulai dari bulan Mei sampai bulan Juli 2021 dilahan petani di Jalan Hang Lekir, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan perlakuan yakni 4 dosis pupuk NPK 16:16:16 (0; 3; 6; dan 9 gram) dengan 5 ulangan. Parameter meliputi analisis tanah, tinggi tunas, diameter tunas, jumlah cabang, jumlah daun dan panjang akar. Hasil analisis tanah pada lokasi penelitian menujukkan bahwa kandungan unsur hara N dan K tergolong kriteria rendah, sedangkan unsur hara P tergolong kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemberian dosis pupuk NPK 16:16:16 berpengaruh terhadap tinggi tunas, jumlah cabang, dan panjang akar tanaman lada. Pemberian dosis pupuk NPK 16:16:16 tidak berpengaruh terhadap diameter tunas dan jumlah daun tanaman lada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosis 6 gram merupakan dosis terbaik. Kata kunci: Lada, Lahan bekas tambang timah, Pupuk NPK 16:16:16, Lingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:21
Last Modified: 24 Jan 2022 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58162

Actions (login required)

View Item View Item