Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (F- AHP) DALAM PEMILIHAN KARTU HANDPHONE GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE (HP GSM)

WANDY VIRGANATA, - (2022) PENERAPAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (F- AHP) DALAM PEMILIHAN KARTU HANDPHONE GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE (HP GSM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
WANDY VIRGANATA [11451101609] NEW LAPORAN TA -dikonversi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kartu penyedia layanan telekomunikasi seluler atau kartu seluler merupakan komponen produk yang sangat penting selain smartphone/handphone itu sendiri. Seiring perkembangan teknologi, banyak jenis kartu seluler yang bermunculan. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh produsen menyebabkan pemilih kebingungan dalam menentukan kartu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai solusi dari situasi ini, dapat dilakukan penerapan metode perankingan untuk memberi rekomendasi kartu selular yang terbaik. Salah satu metode yang dapat di terapkan dan digunakan pada penelitian ini adalah metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Fuzzy AHP merupakan gabungan metode AHP dengan pendekatan konsep fuzzy. F-AHP menutupi kelemahan yang ada pada AHP, yaitu permasalahan terhadap kriteria yang memiliki sifat subjektif lebih banyak. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem dengan penerapan metode F-AHP untuk melakukan perankingan kartu seluler berdasarkan nilai kepentingan keriteria yang di pilih. Hasil dari pengujian dapat disimpulkan sistem telah berjalan dengan baik dan hasil yang dikeluarkan sistem telah sesuai dengan perhitungan manual. Dengan menggunakan Metode F-AHP dapat Menghasilkan perangkingan dengan peringkat tertinggi mencapai 0,995 pada alternatif By.U Kata Kunci : Analytical Hierarcy Process, Fuzzy Analytical Hierarcy Process, GSM, HP, Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 21 Jan 2022 05:19
Last Modified: 21 Jan 2022 05:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58160

Actions (login required)

View Item View Item