Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA KONSELOR DALAM RESILIENSI REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA BERPRESTASI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) KUANTAN SINGINGI

GECKY DEFKAN IGANTARA, - (2021) UPAYA KONSELOR DALAM RESILIENSI REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA BERPRESTASI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GECKY DEFKAN IGANTARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gecky Defkan Igantara: Upaya Konselor Dalam Reseliensi Remaja Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berprestasi Di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kuantan Singingi. Berbagai macam individu pada bentuk tumbuh dan berkembang seseorang, salah satunya yaitu menjadi remaja. Perkembangan ini juga mengalami hambatan, sehingga untuk mencapai perkembangan optimal diperlukan penanganan khusus. Kelompok ini dikenal sebagai individu berkebutuhan khusus, individu berkebutuhan khusus dibagi menjadi beberapa salah satunya yaitu berkebutuhan khusus tunagrahita, disinilah upaya konselor sangat dibutuhkan untuk dapat membantu pertumbuhan remaja tersebut. Penelitian ini membahas bagaimana upaya konselor dalam reseliensi remaja berkebutuhan khusus tunagrahita berprestasi di sekolah luar biasa negeri kuantan singingi. Dalam penelitian ini ada 2 orang Guru/konselor dan 3 orang Anak remaja yang menjadi informan, Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan fenomena secara detail serta data lisan dari orang-orang serta perilaku yang diamati sehingga dapat di pahami dengan jelas. Data dikumpulkan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk upaya konselor dalam Reseliensi Remaja Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Berprestasi di Sekolah Luar Biasa Negeri Kuantan Singingi adalah menggunakan teknik upaya resilensi konselor yaitu konselor memberikan ketahanan, optimisme, kecerdikan serta tujuan yang sudah dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus berprestasi tunagrahita di SLBN kuantan singingi dan membantu pelaksanaan konseling, sehingga dapat merubah perkembangan anak agar menjadi lebih baik. Kata Kunci: Upaya Konselor, Resiliensi, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:36
Last Modified: 24 Jan 2022 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58113

Actions (login required)

View Item View Item