PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA EKONOMI LEMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN AS-SYAFI’IYAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Yeti Ariza, (2010) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA EKONOMI LEMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN AS-SYAFI’IYAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011345.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Perhatian merupakan syarat psikologis dalam individu untuk mengadakan persepsi, yang merupakan pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktifitas individu yang ditujukan kepada sesuatu atau sekumpulan objek. Perhatian orang tua terhadap pendidikan anak dalam rumah tangga sangat menentukan keberhasilan anak dalam belajar, hal ini memberikan dampak positif terhadap perubahan tingkah laku dan perkembangan pendidikan anak. Hasil belajar siswa adalah prestasi belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah, yang dibuktikan dan ditunjukkan melalui nilai dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap tugas siswa dan ulangan-ulangan atau ujian yang ditempuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang memberikan pengaruh signifikan perhatian orang tua ekonomi lemah dengan hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Yayasan As-Syafi'iyah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa ada hubungan perhatian orang tua ekonomi lemah dengan hasil belajar siswa MA As-Syafi'iyah Kecamatan Kampar dan memiliki korelasi positif yang signifikan. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup tinggi yaitu 0,542. Sedangkan koefisien determinasi (R square) adalah 0,294 kontribusi tingkat perhatian orang tua ekonomi lemah terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 29.4%, sedangkan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Jan 2016 03:12
Last Modified: 11 Jan 2016 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item