Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DAN STRES AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING, DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

ULFA RIMA RAHMADANI, - (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DAN STRES AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING, DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img]
Preview
Text
TESIS ULFA RIMA RAHMADANI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DAN STRES AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING, DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KABUPATEN INDRAGIRI HILIR Oleh Ulfa Rima Rahmadani Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ulfarimarahmadani198@gmail.com Tuntutan serta tekanan yang dianggap berlebihan yang berasal dari diskusi kelas, teman-teman sekelas, ulangan, strategi belajar, metode mengajar, subjek mata pelajaran, ataupun guru selama pembelajaran daring telah menyebabkan stres akademik pada siswa. Self disclosure dapat membuat pikiran menjadi tenang dan tidak terganggu oleh kejadian yang muncul, sehingga memungkinkan individu mengevaluasi dan memahami masalah yang sedang atau telah dialami dan meningkatkan kemampuan yang ada pada diri individu. Selanjutnya siswa dengan resiliensi yang tinggi dalam menghadapi permasalahan akademik tentunya memiliki aset dan kualitas yang positif terhadap kesejahteraan dan stresnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self disclosure dan stres akademik pembelajaran daring, dengan resiliensi akademik sebagai variabel moderator pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten indragiri hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang dilakukan kepada 305 siswa se-Kabupaten Indragiri Hilir serta umumnya menggunakan pengujian hipotesis korelasional. Pengukuran variabel resiliensi akademik pada penelitian ini menggunakan alat ukur yang dikontruksikan kembali menjadi alat ukur oleh Kumalasari. Skala self disclosure menggunakan skala Wheeless Revise Self-Disclosure Scale (RSDS). Skala stres akademik menggunakan skala yang dikembangkan dari Sun. Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat terdapat hubungan resiliensi akademik dengan stres akademik dengan nilai korelasi sebesar -0,456 (<0,001), kemudian terdapat hubungan self disclosure dengan stres akademik dengan nilai korelasi sebesar -0,369 (<0,001). Hasil penelitian juga diperoleh bahwa resiliensi akademik sebagai moderator antara self disclosure dengan stres akademik pada siswa kelas X SMA Negeri se- Kabupaten Indragiri Hilir dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,162 (0,017). Kata Kunci: stres akademik, resiliensi akademik, dan self disclosure.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:21
Last Modified: 21 Jan 2022 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58083

Actions (login required)

View Item View Item