Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA PERANTAU

Annisa Safitri, - (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA PERANTAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA SAFITRI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi bahwa sebagian besar mahasiswa kurang memahami pentingnya regulasi diri dalam belajar terkait kedisiplinan dan implikasinya dalam proses pembelajaran. Regulasi diri dalam belajar adalah salah satu cara mahasiswa untuk mengelola strategi belajarnya, dengan ditunjang efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dapat membantu mahasiswa meregulasi diri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial keluarga, dan self regulated learning pada mahasiswa perantau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, adapun jumlah subjek penelitian sebanyak 362 mahasiswa perantau di Universitas Islam Negeri Sultan Sultan Syarif Kasim Riau. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri, skala dukungan sosial keluarga, dan skala self regulated learning yang dianalisis menggunakan regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning mahasiswa perantau. Adapun sumbangan efektif efikasi diri dan dukungan sosial keluarga sebesar 57,7% artinya efikasi diri dan dukungan sosial keluarga mampu memprediksi self regulated learning mahasiswa perantau. Hasil analisis tambahan juga menunjukkan bahwa self regulated learning, efikasi diri, dan dukungan sosial keluarga mahasiswa perantau di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau memiliki self regulated learning, efikasi diri, dan dukungan sosial keluarga yang berada pada kategori sedang. Kata kunci: self regulated learning; efikasi diri; dukungan sosial keluarga; mahasiswa perantau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:33
Last Modified: 20 Jan 2022 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58080

Actions (login required)

View Item View Item