ALMAYANA, - (2022) ANALISIS MINAT MAHASISWA MENJADI GURU EKONOMI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Almayana (2021): Analisis Minat Mahasiswa Menjadi Guru Ekonomi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa menjadi guru ekonomi pada program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 yang berjumlah 104 orang dengan objek penelitian adalah analisis minat mahasiswa menjadi guru ekonomi. Informan kunci pada penelitian ini adalah 3 dosen pendidikan ekonomi yang mengampu mata kuliah kependidikan dan 5 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang dianggap mampu memberikan informasi tentang minat mahasiswa menjadi guru ekonomi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi memiliki minat menjadi seorang guru ekonomi dengan persentase sebesar 65,20% dan dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik mahasiswa. Aspek kognitif mahasiswa terlihat dari mahasiswa gemar membaca buku tentang keguruan, mahasiswa suka pelajaran yang berkaitan dengan keguruan, mahasiswa mengkoleksi buku-buku tentang keguruan, mahasiswa suka melihat video-video tentang keguruan, mahasiswa suka mencontohkan dirinya sebagai seorang guru di depan orang lain, mahasiswa sering keperpustakaan, mahasiswa pernah membantu orang lain dalam memahami pelajaran, dan mahasiswa suka membaca artikel tentang keguruan. Aspek afektif mahasiswa terlihat dari mahasiswa memiliki orang tua yang berprofesi menjadi guru, mahasiswa berteman dekat dengan orang yang memiliki minat menjadi guru, mahasiswa dekat dengan gurunya dahulu, mahasiswa dekat dengan dosen yang mengajar mata kuliah keguruan, mahasiswa memiliki saudara yang berprofesi menjadi guru, dan mahasiswa dekat dengan anak-anak. Aspek psikomotorik terlihat dari mahasiswa melanjutkan S2 di bidang kependidikan, mahasiswa sudah menjadi guru sejak dibangku perkuliahan, mahasiswa membuka les privat di rumahnya, mahasiswa mengikuti kegiatan mengajar yang diadakan kampus, mahasiswa memasukkan lowongan pekerjaan di lembaga pendidikan, mahasiswa membuat video tentang mengajar, mahasiswa ingin menjadi asisten dosen, dan mahasiswa sudah menjadi guru privat. Kata Kunci: Minat, Guru Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58068 |
Actions (login required)
View Item |