Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SWOT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI RADIO BHARABAS 97.5 FM SEBAGAI RADIO BERITA DAN INFORMASI DI KOTA PEKANBARU

M. Faisal Asyrof, Faisal (2021) ANALISIS SWOT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI RADIO BHARABAS 97.5 FM SEBAGAI RADIO BERITA DAN INFORMASI DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Pada saat ini, radio mengalami penurunan pendengar akibat maraknya media sosial yang lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Terpicu hal tersebut, sehingga membuat persaingan di industri radio semakin sengit. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti Analisis SWOT dalam mempertahankan eksistensi radio Bharabas 97.5 FM sebagai radio berita dan informasi di kota Pekanbaru. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan wawancara, dokumentasi dan observasi bahwa dalam mempertahankan eksistensi radio Bharabas 97.5 FM sebagai radio berita dan informasi di kota Pekanbaru sesuai dengan analisis SWOT yaitu (1) Kekuatan, Radio menjangkau para pengguna media sosial dan internet dengan melakukan siaran radio streaming di akun media sosial dan website, Membuat program yang bisa menghubungkan pendengar dengan radio yang berformat citizen jurnalism, Membuat talkshow dengan narasumber dari lembaga-lembaga pemerintahan maupun komunitas, Membangun komunitas radio, dan juga melengkapi peralatan unit siaran luar. (2) Kelemahan, kendala yang dihadapi yaitu cuaca buruk menyebabkan sinyal frekuensi jelek dan jika listrik padam akan menggangu jalannya program siaran. Mengantisipasi hal itu dengan menyiapkan teknisi yang selalu standby dan juga mempersiapkan mesin genset untuk kebutuhan listrik. (3) Peluang, Memanfaatkan media sosial dan internet dengan melakukan siaran streaming. (4) Ancaman, ancaman yang dihadapi bersaing dengan media sosial dan internet dalam menyampaikan informasi dan hiburan. Mengantisipasi ancaman tersebut dengan selalu memberikan inovasi-inovasi pada program dan mengevaluasi kru-kru dan juga penyiar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, eksistensi, Radio Bharabas FM.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:04
Last Modified: 21 Jan 2022 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58058

Actions (login required)

View Item View Item