Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS MEDIA RELATIONS DINAS PERHUBUNGAN KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN BLU-E (BUKU LULUS UJI ELEKTRONIK) MELALUI SMART CARD

Ega Wahyuni, Ega (2021) AKTIVITAS MEDIA RELATIONS DINAS PERHUBUNGAN KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN BLU-E (BUKU LULUS UJI ELEKTRONIK) MELALUI SMART CARD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB lV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya media selain sebagai alat penyampai informasi kepada masyarakat, juga merupakan alat pembentuk lingkungan simbolik bagi pemahaman masyarakat terhadap realitas sosial, pembentukan sikap dan perilaku. Aktivitas media relations yang merupakan tanggungjawab public relations inilah yang dikaji oleh penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas media relations dalam menyampaikan informasi dan mensosialisasikan BLU-E (Buku Lulus Uji Elektronik) melalui smart card. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan dalam metode penelitian tersebut yaitu pengumpulan data berdasarkan kenyataan di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan teori aktivitas media relations dari Silih Agung Wasesa media direct meliputi aktivitas formal dengan tahapan press conference, press release, serta product launching. Kemudian aktivitas informal dengan tahapan media gathering dan test drive. Kemudian pada aktivitas media direct meliputi Penunjukan juru bicara tidak resmi, penulisan artikel opini, penulisan feature article, feeding informations, focus group discussion, seminar pihak ketiga, serta event pihak ketiga. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut kemudian dilakukan analisa dan menginterpretasikan arti data yang dimaksud. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas perhubungan Kota Pekanbaru sudah melakukan upaya berupa kegiatan – kegiatan yang dapat menerapkan program BLU-E melalui smart card. Pihak Dinas Perhubungan untuk mempermudah pencapaian target berupa Aktivitas Media Relations yang dilakukan Dishub Pekanbaru dalam mensosialisasikan BLU-E diantaranya adalah melaksanakan aktivitas media direct mulai dari press conference, press release, product launching, dan test drive dalam sosialisasi tersebut. Pada aktivitas media indirect yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru guna mensosialisasikan BLU-E adalah menunjuk juru bicara tidak resmi serta feeding informations kepada pihak pers oleh public relations Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Relation, Dinas Perhubungan, BLUe
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:15
Last Modified: 24 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58057

Actions (login required)

View Item View Item