Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA GURU YAYASAN BABUSSALAM PEKANBARU

DARMIDAHLIA, - (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA GURU YAYASAN BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA GURU YAYASAN BABUSSALAM PEKANBARU Oleh: Darmidahlia Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Profesi guru beresiko cukup besar mengalami tekanan dalam bekerja. Burnout dapat mengakibatkan dampak yang negatif pada performa guru di kelas, serta dapat memicu keinginan untuk meninggalkan pekerjaannya. Faktor yang menyebabkan terjadinya burnout pada guru salah satunya adalah dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dengan burnout pada Guru di Yayasan Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah Guru di yayasan Babussalam dengan jumlah sampel sebesar 91 orang guru. Pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan korelasi product Moment dari Pearson. Hasil dalam penlitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan burnout pada guru Yayasan Basussalam Pekanbaru. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial, maka akan semakin rendah burnout pada guru di Yayasan Basussalam Pekanbaru, begitu pula sebaliknya, apabila dukungan sosial pada rendah, maka burnout guru akan meningkat. Kata Kunci: Burnout, Dukungan sosial, Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:55
Last Modified: 21 Jan 2022 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58042

Actions (login required)

View Item View Item