Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG MENINGKATKAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS DI KELURAHAN SAGO KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU MENURUT PRESPEKTIF FIQH SIYASAH

Erwin, Erwin (2021) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG MENINGKATKAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS DI KELURAHAN SAGO KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU MENURUT PRESPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Pertumbuhan kepemilikan kendaraan yang pesat dalam tahun-tahun terakhir ini memberikan tekanan yang cukup berat pada jaringan jalan dan alat pengatur lalu lintas. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor mengakibatkan munculnya beberapa dampak, salah satunya adalah peningkatan angka pelanggaran di jalan raya. Fenomena ini terjadi karena peningkatan jumlah sepeda motor tidak diiringi dengan peningkatan kesadaran dari masyarakat. Pelanggaran lalu lintas sangat memprihatinkan, sehingga mengakibatkan peningkatan kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal ataupun luka-luka yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tantang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Adapun tujuan dan sasarannya adalah untuk membina dan menyelenggarakan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang aman, selamat, tertib, dan lancar. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas di Kelurahan Sago Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru? (2) Apa Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas di Kelurahan Sago Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru? (3) Bagaimana tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas di Kelurahan Sago Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru? Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode lapangan (field research) penelitian dilakukan dengan mengambil data langsung dari wawancara yaitu keapada Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Wakasat Lantas Polresta Pekanbaru dan Unit Satlantas Polresta Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data dan informasi menggunakan Observasi, wawancara, menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu semua data yang telah penulis kumpulkan kemudian penulis jelasskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat dipahami secara jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwasannya Satlantas Polresta Pekanbaru sudah efektif dalam penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tetapi masih ada yang tidak mematuhi peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah tersebut. Faktor yang mempengaruhi penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tersebut adalah Manusia, Penegak Hukum, dan Sarana dan Prasarana. Sedangkan menurut Fiqih Siyasah Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 ini termasuk Siyasah Dusturiyyah dimana kemaslahatan masyarakat dan dituntut untuk menunjukkan ketaatan dan kedisiplinan dalam mematuhi aturan-aturan yang telah dibuat oleh pemimpin dengan mengesampingkan primodalisme politik dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, Keamanan dan Keselamatan, Fiqih Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:18
Last Modified: 21 Jan 2022 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58036

Actions (login required)

View Item View Item