Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEARIFAN LOKAL HUTAN LARANGAN ADAT RUMBIO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI DESA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR)

MARATUL MATSNA, - (2022) ANALISIS KEARIFAN LOKAL HUTAN LARANGAN ADAT RUMBIO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI DESA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARATUL MATSNA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maratul Matsna, (2021): Analisis Kearifan Lokal Hutan Larangan Adat Rumbio sebagai Sumber Belajar IPA (Studi Kasus di Desa Rumbio, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk pengelolaan hutan larangan adat Rumbio, menganalisis konsep IPA yang terdapat dalam kearifan lokal hutan larangan adat Rumbio dan menganalisis kelayakan kearifan lokal hutan larangan adat Rumbio sebagai sumber belajar IPA. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket uji kelayakan. Data di analisis menggunakan metode analisis kualitatif Milles dan Huberman, indeks keanekaragaman, standar isi dan analisis kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan kearifan lokal untuk melestarikan hutan larangan adat dalam bentuk larangan dan ajakan. Konsep IPA yang terdapat pada kearifan lokal hutan larangan adat Rumbio yang teridentifikasi yaitu objek keanekaragaman hayati yaitu ekosistem, eksploitasi hutan yaitu perubahan iklim dan dampak bagi ekosistem, dan objek air sungai dan sumber mata air yaitu pelestarian lingkungan. Kawasan hutan larangan adat Rumbio masuk kategori layak dijadikan sebagai sumber belajar IPA karena memenuhi aspek kemudahan akses dengan dengan skor 100%, aspek kemudahan akses dengan skor 87,5, aspek biaya 100%, aspek kesesuaian dengan materi IPA 100%, dan orientasi medan dengan skor 100%. Sedangankan untuk kategori efisiensi waktu diperoleh skor 33,3% dengan kategori kurang layak. Kata kunci: kearifan lokal, hutan larangan adat rumbio, sumber belajar IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:49
Last Modified: 20 Jan 2022 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58002

Actions (login required)

View Item View Item