Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MIMBA (Azadirachta indica Juss) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK (Spodopt era l i t ura F. ) SECARA IN VITRO

NONI WIDIA AFLA, - (2021) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MIMBA (Azadirachta indica Juss) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK (Spodopt era l i t ura F. ) SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Ulat grayak termasuk hama penting pada tanaman Kedelai karena dapat menyebabkan kehilangan hasil hingga 80% dan menyebabkan gagal panen bila tidak dikendalikan. Penggunaan daun mimba sebagai pestisida mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi dan berdampak spesifik terhadap organisme pengganggu tanaman serta untuk mengurangi dan meminimalkan penggunaan pestisida sintetis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak daun mimba yang efektif terhadap mortalitas ulat grayak secara in vitro. Penelitian dilaksanakan pada Bulan November 2020 – Januari 2021 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah (PEMTA) dan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jalan Subrantas KM.15. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dan rancangan acak lengkap (RAL) non faktorial dengan 5 perlakuan yaitu, 0, 10, 15, 20, dan 25%, masing-masing diulang empat kali. Peubah yang diamati meliputi larva berhenti makan, persentase mortalitas larva, WK 50 , dan KK . Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak daun mimba berpengaruh terhadap larva berhenti makan 50%, mortalitas total larva 100%, , nilai KK 50 50 5,38% dan nilai WK 13,06 jam. Kesimpulan penelitian ini adalah konsentrasi 10% sudah sangat efektif terhadap mortalitas ulat grayak. Kata Kunci : mimba, ulat grayak, pestisida nabati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:09
Last Modified: 20 Jan 2022 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57995

Actions (login required)

View Item View Item