Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENAMBAHAN TEPUNG KEMANGI (Ocimum basilicum) SEBAGAI FEED ADDITIVE DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PROFIL DARAH AYAM RAS PEDAGING

Andri Setiawan, Andri (2022) EFEKTIVITAS PENAMBAHAN TEPUNG KEMANGI (Ocimum basilicum) SEBAGAI FEED ADDITIVE DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PROFIL DARAH AYAM RAS PEDAGING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Ayam ras pedaging merupakan salah satu sumber protein. Peningkatan produksi ayam ras pedaging dapat dilakukan dengan penambahan aditif pakan. Kemangi merupakan salah satu fitobiotik yang mengandung flavonoid dan antibiotik alami. Kedua zat aktif tersebut masing-masing dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil darah ayam ras pedaging yang diberi pakan komersial dengan penambahan tepung kemangi. Pemeliharaan ayam ras pedaging telah dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021 di kandang penelitian di Jln. Sekuntum Harapan Raya Pekanbaru. Pengujian sampel darah dilakukan di Laboratorium Pramita Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan 100 ekor anak ayam ras pedaging umur sehari dengan bobot badan awal sekitar 421.21 g/ekor, tepung kemangi, dan pakan komersial. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap terdiri dari 4 perlakuan, yaitu P1: 100% pakan komersial, P2: P1+tepung kemangi 3,50%, P3: P1+tepung kemangi 4%, dan P4: P1+tepung kemangi 4,50%, masing-masing perlakuan diulang 5 kali. Peubah yang diukur adalah jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, nilai hematokrit, dan jumlah leukosit ayam ras pedaging. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ragam, dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kemangi dalam pakan komersial tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit 2,13-2,29 juta/mm3, kadar hemoglobin 6,96-7,22 g/mL, nilai hematokrit 26,4-28%, dan jumlah leukosit 6.460-10.130 /mm3 ayam ras pedaging. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan tepung kemangi sampai dengan 4,50% dalam pakan komersial dapat mempertahankan profil darah ayam ras pedaging dalam nilai yang normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Broiler, pakan komersial, profil darah, tepung kemangi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:26
Last Modified: 20 Jan 2022 08:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57984

Actions (login required)

View Item View Item