Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Substitusi Tepung Limbah Jeroan Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) dalam Ransum Basal terhadap Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Ras Pedaging.

TINA QADARSIH, - (2021) Substitusi Tepung Limbah Jeroan Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) dalam Ransum Basal terhadap Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Ras Pedaging. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TINA QADARSIH KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Substitusi Tepung Limbah Jeroan Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) dalam Ransum Basal terhadap Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Ras Pedaging. Tina Qadarsih (11780123624) Di bawah bimbingan Evi Irawati dan Elviriadi INTISARI Jeroan ikan patin (Pangasius hypopthalmus) merupakan limbah dari pembuatan salai ikan patin yang belum dimanfaatkan secara optimal dan memiliki potensi untuk dijadikan sebagai bahan pakan ternak unggas, dengan kandungan protein yang cukup tinggi yaitu protein (53,38%), serat kasar (2,04%) dan lemak kasar (18%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung jeroan ikan patin dalam ransum terhadap bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam ras pedaging yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Tiap tiap perlakuan terdiri atas 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (ransum basal 80% + TIK 15% + TJIP 0%), P1 (ransum basal 80% + TIK 10% + TJIP 5%), P2 (ransum basal 80% + TIK 5% + TJIP 10%) dan P3 (ransum basal 80% + TIK 0% + TJIP 15%). Parameter yang diukur adalah bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung jeroan ikan patin hingga level 15% dalam ransum tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap bobot badan akhir, bobot lemak abdominal, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian tepung jeroan ikan patin dalam ransum sampai level 15% belum dapat meningkatkan bobot badan akhir, pesentase karkas serta bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal yang rendah, tapi dapat meningkatkan bobot karkas ayam ras pedaging. Kata kunci: Ayam, bobot badan akhir, bobot karkas, bobot lemak abdominal, jeroan ikan patin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:51
Last Modified: 21 Jan 2022 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57942

Actions (login required)

View Item View Item