Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Seleksi Fitur Gain Ratio dan Decision Tree C5.0 Untuk Klasifikasi Serangan Jaringan (Studi Kasus: Dataset NSL-KDD)

Siti Fatimah, - (2022) Penerapan Metode Seleksi Fitur Gain Ratio dan Decision Tree C5.0 Untuk Klasifikasi Serangan Jaringan (Studi Kasus: Dataset NSL-KDD). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Kecuali BAB IV dan BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan laporan tahunan Honeynet Project Tahun 2019, serangan siber di Indonesia meningkat 25% lebih banyak dari tahun sebelumnya. Peningkatan serangan jaringan komputer menyebabkan data yang harus dianalisis menjadi sangat besar. Pada penelitian dilakukan penelitian klasifikasi serangan jaringan menggunakan metode data mining, yaitu klasifikasi algoritma Decision Tree C5.0 dengan seleksi fitur Gain Ratio mengunakan dataset NSL-KDD. Total data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 148.516 dan terdiri dari 41 atribut. Klasifikasi serangan dibagi kedalam 5 kelas yaitu Denial of Service (DoS), Remote to Local (R2L), User to Root (U2R), PROBE dan Normal. Penelitian ini menggunakan parameter uji penggunaan threshold 0,1 dengan 32 atribut, pengunaan threshold 0,2 dengan 15 atribut, dan pengunaan threshold 0,3 dengan 7 atribut. Dari pengujian yang dilakukan threshold 0,2 dengan 15 atribut mendapatkan hasil akurasi tertinggi yaitu 97,39%. Kata kunci: C5.0, Decision Tree, Gain Ratio, NSL-KDD, Seleksi Fitur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:23
Last Modified: 20 Jan 2022 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57940

Actions (login required)

View Item View Item