Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MICROWAVE LINK SEBAGAI BACKHAUL JARINGAN METROPOLITAN BERDASARKAN METODA SEARCH ANGLE DAN ANALISIS 3D FRESNEL

ILHAM, RIVALDO SANOFTA (2021) IMPLEMENTASI MICROWAVE LINK SEBAGAI BACKHAUL JARINGAN METROPOLITAN BERDASARKAN METODA SEARCH ANGLE DAN ANALISIS 3D FRESNEL. IMPLEMENTASI MICROWAVE LINK SEBAGAI BACKHAUL JARINGAN METROPOLITAN BERDASARKAN METODA SEARCH ANGLE DAN ANALISIS 3D FRESNEL. pp. 167-175. ISSN 2579-7271(PRINTED)/2579-5406 (ONLINE)

[img]
Preview
Text
Jurnal SNTIKI Rivaldo Sanofta Ilham.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan jaringan intranet di lingkungan UIN SUSKA Riau merupakan suatu keharusan demi mendapatkan pelayanan keamanan dan pembiayaan yang lebih efektif dan efisien. Realisasi jaringan intranet ini dapat dilakukan dengan membangun microwave link sebagai backhaul pada arsitektur jaringan Metropolitan yang menghubungkan kedua jaringan lokal sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi lokasi transceiver di kedua kampus UIN SUSKA Riau berdasarkan metoda search angle dan menganalisis kinerjanya dengan menggunakan perhitungan Fresnel zone secara tiga dimensi. Redaman hujan kemudian ditambahkan sebagai tambahan margin daya untuk mendapatkan availibilitas link yang lebih baik. Aplikasi LINKPlanner dan Google Earth Pro digunakan untuk mendapatkan dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metoda yang digunakan berhasil mendefinisikan lokasi transceiver dengan ketinggian antena 45 meter pada kampus Panam dan 60 meter di kampus Sukajadi dengan RSL maksimum -41.58 dBm dan minimum -57.48 dBm.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:13
Last Modified: 20 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57928

Actions (login required)

View Item View Item