Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN LARUTAN JAHE MERAH (Zingiber officinale) DAN LARUTAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L) PADA AIR MINUM TERHADAP BOBOT DAN PANJANG ORGAN PENCERNAAN AYAM RAS PEDAGING

WAN MHD FAISAL, - (2021) PENGARUH PEMBERIAN LARUTAN JAHE MERAH (Zingiber officinale) DAN LARUTAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L) PADA AIR MINUM TERHADAP BOBOT DAN PANJANG ORGAN PENCERNAAN AYAM RAS PEDAGING. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jahe mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang berperan meningkatkan kerja organ pencernaan, merangsang getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease. Daun mengkudu secara in vitro mempunyai aktivitas antihelmintik dan cukup baik melawan cacing yang ada pada usus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Larutan Jahe Merah (LJM) dan Larutan Daun Mengkudu (LDM) serta campuran larutan jahe merah dan larutan daun mengkudu terhadap bobot dan panjang organ pencernaan ayam ras pedaging. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Materi penelitian adalah 80 ekor ayam pedaging yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Tiap ulangan terdiri atas 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan yaitu P1: Air, P2 : 0,8% LJM, P3 : 1% LDM, P4: 0,8% LJM dan 1% LDM. Parameter yang diukur adalah bobot proventrikulus, panjang proventrikulus, bobot ventrikulus, bobot usus halus, panjang usus halus, bobot usus buntu dan panjang usus buntu ayam ras pedaging. Hasil penelitian menunjukkan pemberian 0,8% LJM dan 1% LDM dalam air minum berpengaruh nyata (P<0,05) meningkatkan bobot proventrikulus. Pemberian 0,8% LJM dan 1% LDM dalam air minum berpengaruh nyata (P<0,05) menurunkan panjang proventrikulus. Pemberian 0,8% LJM dan 1% LDM dalam air minum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot ventrikulus, bobot usus halus, panjang usus halus, bobot usus buntu dan panjang usus buntu. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian 0,8% LJM dan 1% LDM serta campuran 0,8% LJM dan 1% LDM meningkatkan bobot proventrikulus, menurunkan panjang proventrikulus dan tidak meningkatkan bobot ventrikulus, usus halus, usus buntu serta tidak meningkatkan panjang usus halus dan usus buntu ayam ras pedaging. Kata kunci: Air minum, broiler, larutan jahe merah, larutan daun mengkudu, organ pencernaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:27
Last Modified: 20 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57923

Actions (login required)

View Item View Item