Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA GROSIR SINTA DI KECAMATAN TAPUNG HILIR DESA TANAH TINGGI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

LUTVI HANDRIANTO, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA GROSIR SINTA DI KECAMATAN TAPUNG HILIR DESA TANAH TINGGI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi LUTVI LUTVI HANDRIANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lutvi Handrianto (2021): Pengaruh Penerapan Marketing Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Grosir Sinta Di Simpang 4 Poros Kec. Tapung Hilir Kab. Kampar Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Perkembangan bisnis grosir yang terus menerus meningkat karena laju pertumbuhan perekonomian dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus menerus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya yaitu untuk mempertahankan posisi persaingan yang lebih unggul dari pesaingnya. Dalam menigkatkan daya saing, setiap perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu strategi pemasaran secara intensif menjadi faktor penting yang harus diketahui perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan yang cenderung menurun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan marketing mix terhadap peningkatan penjualan pada Grosir Sinta. Lokasi penelitian di simpang 4 poros Kec. Tapung Hilir Kab. Kampar Desa Tanah Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file reserch) dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 63 responden berdasarkan rumus Simple Random Sampling dari 170 populasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda uji asumsi klasik, uji t (parsial), uji f (simultan) dan determinasi (R). Penelitian ini menggunakan indicator bauran pemasaran sebagai variable independen atau variable bebas yaitu produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) serta variable dependen atau variable terikat adalah peningkatan penjualan (Y). Dari hasil persamaan regresi maka dapat disimpulkan bahwa penerapan marketing mix memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan penjualan. Kemudian secara parsial, dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) mempunyai pengaruh terhadap peningkatan penjualan (Y). sedangkan dari hasil uji f dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Kekuatan hubungan produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama terhadap peningkatan penjualan adalah tinggi dengan nilai R sebesar 0,977. Dan juga koefisien determinasi (R) menunjukan nilai R squer sebesar 0,955 yang artinya produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan penjualan sebesar 95,5% dan sisanya sebesar 4,5% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah Grosir Sinta sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip syariah Islam. Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Peningkatan Penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:11
Last Modified: 20 Jan 2022 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57911

Actions (login required)

View Item View Item