Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAGI CALON PESERTA SBMPTN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SAW (Studi Kasus: PEKANBARU)

ARIF BUDI KUSUMA, - (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAGI CALON PESERTA SBMPTN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SAW (Studi Kasus: PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I,II, III DAN V.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan yang baik tidak hanya didapat dari sekolah saja, tetapi juga bisa didapat dari luar sekolah seperti bimbingan belajar. Setiap lembaga bimbingan belajar menyediakan sarana dan prasarana yang berbeda-beda yang disesuakan dengan kebutuhan siswa. Dalam hal ini banyak siswa memilih lembaga bimbingan belajar untuk mempersiapkan tes masuk ke perguruan tinggi negeri. Oleh sebab itu perlu menerapkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Fuzzy SAW dalam menentukan lembaga bimbingan belajar terbaik. Pada penelitian ini menggunakan 7 kriteria yaitu jaminan masuk PTN, fasilitas, kualitas pengajar, alumni, biaya, jumlah pertemuan, dan jumlah siswa perkelas, serta pada peneilitan ini menggunakan 11 alternatif lembaga bimbingan belajar. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap kriteria, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif terbaik. Pengujian yang digunakan pada penelitian ini yaitu UAT, black box, dan Akurasi. Adapun hasil dari pengujian UAT yaitu sebesar 87,467% dengan kriteria interpretasi skor Sangat Setuju. Sedangkan untuk pengujian akurasi pada responden siswa mendapatkan hasil akurasi sebesar 82.42%. Kata kunci: Fuzzy Simple Additive Weighting, Lembaga Bimbingan Belajar, Sistem Pendukung Keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:22
Last Modified: 20 Jan 2022 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57876

Actions (login required)

View Item View Item