Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MOBILE LAWYER : APLIKASI PENCARIAN ADVOKAT DAN KONSULTASI HUKUM MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE (LBS) BERBASIS ANDROID

M. REZALDI, - (2021) MOBILE LAWYER : APLIKASI PENCARIAN ADVOKAT DAN KONSULTASI HUKUM MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE (LBS) BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
bebas pustaka-1-38.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
final-39-147.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah negara hukum, kalimat tersebut tercantum dalam pasal 1 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945. Artinya Segala perbuatan anggota masyarakat harus berdasarkan hukum, baik pejabat ataupun masyarakat, menteri ataupun petani, siapapun namanya dan apapun pangkatnya harus patuh kepada hukum. Waktu kerja yang panjang mengakibatkan terbatasnya kegiatan masyarakat di luar jam bekerja sehingga sulitnya masyarakat meluangkan waktu untuk melakukan konsultasi langsung kepada advokat. Dari 20 masyarakat pekanbaru yang telah menjadi responden semuanya mengetahui apa itu hukum 17 diantaranya tidak tahu harus pergi ke kantor advokat mana ketika terlibat mereka dalam suatu perkara hukum yang memerlukan advokat untuk menghadapinya, menurut mereka media dan informasi yang diperlukan mengenai advokat belum tersebar dengan baik. Aplikasi pencarian advokat dan konsultasi hukum Mobile Lawyer dengan menggunakan Location Based Service (LBS) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang telah diuraikan. Adanya fitur chatting dengan advokat yang sedang online memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi mengenai masalah hukum tanpa harus mengunjungi kantor advokat. Dengan adanya fitur tersebut, tak hanya masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan saja yang bisa berkonsultasi tetapi juga masyarakat di daerah kecamatan atau desa sekalipun asalkan tersedia internet bisa melakukan konsultasi. Kata kunci: Aplikasi Pencarian Advokat, Aplikasi Konsultasi Hukum, Mobile Lawyer, Location Based Service (LBS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:40
Last Modified: 24 Jan 2022 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57872

Actions (login required)

View Item View Item