Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTIK PRIBADI MUKMIN DALAM KISAH ABDULLAH BIN RUWAHAH PERSPEKTIF AL-QUR’ĀN (Studi Analisis Surah Al-Baqarah Ayat 221)

DESTI, - (2021) KARAKTERISTIK PRIBADI MUKMIN DALAM KISAH ABDULLAH BIN RUWAHAH PERSPEKTIF AL-QUR’ĀN (Studi Analisis Surah Al-Baqarah Ayat 221). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini secara spesifik berjudul “Karakteristik Pribadi Mukmin dalam Kisah Abdullah bin Ruwahah Perspektif Al-Qur‟an (Studi Analisis Surah Al-Baqarah Ayat 221)”. Adapun Latar belakang penelitian ini yaitu Allāh menjelaskan kehidupan hamba-Nya dimasa lampau untuk diambil hikmah dan ibrah dari apa yang telah terjadi. Bermula dari adanya ayat Allāh SWT yang membicarakan tentang seseorang yang sangat mulia karena mengakui kesalahannya dan berusaha memperbaiki atau bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Oleh karena itu di dalam skripsi ini akan membahas mengenai Bagaimana kisah Abdullah bin Ruwahah dalam tafsir surah Al-Baqarah ayat 221 dan Bagaimana karakteristik seorang mukmin dalam Kisah Abdullah bin Ruwahah. Penelitian ini berbentuk library research atau kepustakaan oleh karena itu data yang digunakan adalah metode Tahlili. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Kisah Abdullah bin Ruwahah dalam al-Qur`an surah Al-Baqarah ayat 221 ini adalalah Seorang pemuda yang punya seorang budak wanita berkulit hitam. Suatu saat ia marah dan menempeleng budak itu. Setelah reda amarahnya ia merasa cemas, maka ia pun menghadap Nabi saw. dan melaporkan kejadian itu. ia pun berkata, "Sungguh saya akan memerdekakannya lalu menikahinya. Dan itu betul ia lakukan. 2. Kisah Abdullah bin ruwahah ini ialah kisah kemulian seorang mukmin yang bernama abdullah bin Ruwahah yang mempunyai sifat ketawadhukannya yang mau memerdekakan budak tersebut , sifat Khaufs (Takut kepada Allah) sekalipun perbuatannya tidak diketahui orang dengan menceritakan kesalahan nya kepada rasullullah dan Tetap tawadhu meski punya drajat yang tinggi dengan menikahi atau memerdeka kan budak yang hitam tersebut yang membuatnya menjadi lebih mulia dimata Allāh SWT.kemudian sifat Tanggung jawab yang bisa dipertanggung jawabkan, Sabar walaupun dicela banyak orang, Ikhlas walau yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Kata kunci: Abdullah bin Ruwahah, Karakterristik, Kisah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:18
Last Modified: 19 Jan 2022 06:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57858

Actions (login required)

View Item View Item