Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AMR MA’RUF NAHI MUNKAR DALAM PERSPEKTIF KISAH NABI NUH AS (Kajian Tafsir Tematik)

RODIATUL HUSNA, - (2022) AMR MA’RUF NAHI MUNKAR DALAM PERSPEKTIF KISAH NABI NUH AS (Kajian Tafsir Tematik). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam Perspektif Kisah nabi Nuh AS. Amar ma‟ruf nahi munkar merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Karena kalimat tersebut suatu istilah yang dipakai dalam al-Qur‟an dari berbagai aspek, sesuai dari sudut mana para ulama yang mendefenisikannya. Salah satu konsep amr ma‟ruf dan nabi munkar yang juga dilakukan oleh Nabi Nuh AS dalam dakwahnya. Maka penelitian ini mengkaji pandangan ahli tafsir mengenai dakwah amr ma‟ruf nahi munkar dalam kisah Nabi Nuh AS dalam perspektif al-Qur‟an. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dan disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur‟an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini yaitu Problematika dakwah Nabi Nuh dalam perspektif al-Qur‟an dapat dilihat dari beberapa penafsiran para ulama berdasarkan ayat-ayat dalam surah surah Nuh ayat 2-3 dan 9. Maka problematika yang dihadapi oleh Nabi Nuh dalam perjalanan dakwahnya adalah mengalami bantahan dari kaumnya yang menolak seruan untuk bertauhid, kemudian mereka juga lari dari dakwah dengan menutup telinga dan wajah-wajah mereka. Nabi Nuh AS juga berdakwah secara diam-diam dan secara terang-terangan, demi menghadapi dan memerangi kesyirikan. Prosesi dakwah amr ma‟ruf nahi munkar Nabi Nuh dalam kehidupan dakwah Nabi Nuh As. Melalui rintangan dan problematika dakwah, maka Nabi Nuh As menerapkan amar ma‟ruf dan nahi mungkar dalam menghadapi kaumnya yang ingkar dan tidak mau mengikuti agama yang lurus serta hanif. Nabi Nuh As mendakwahkan tauhid kepada para umatnya, menyampaikan janji positif dan ancaman dari Allah SWT kepada mereka. Serta nabi Nuh As menjadi pemberi peringatan atas bahaya yang akan menghampiri kaumnya. Kata Kunci :, Nabi Nuh, Amr Ma’ruf, Nahi Munkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:03
Last Modified: 19 Jan 2022 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57855

Actions (login required)

View Item View Item