Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEKEKALAN SURGA DAN NERAKA (Penafsiran Kata Khalid Dan Abada Dalam Al-Qur‟ān)

IMRON ROSADI, IR (2022) KEKEKALAN SURGA DAN NERAKA (Penafsiran Kata Khalid Dan Abada Dalam Al-Qur‟ān). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis Imron Rosadi BAB 4 water.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Imron Rosadi Bab 1,2,3,5.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Al-Qur‟ān berulang kali menyebutkan alam akhirat, alam yang akan dilalui oleh setiap manusia setelah meninggal dunia. Berawal dari alam kubur dan berakhir dengan surga atau neraka. Orang-orang yang selama hidupnya banyak berbuat kebajikan, Allah siapkan baginya tempat mulia di surga. Pun sebaliknya orang-orang yang selama hidupnya menghabiskan waktu untuk mendurhakai perintah Allah maka nerakalah tempat baginya, kecuali orang-orang yang dirahmati Allah. Dengan demikian, penelitian ini akan menjawab beberapa persoalan berikut; bagaimana kekekalan surga dan neraka dalam al-Qur‟ān?, Bagaiana perbedaan pandangan dalam kekekalan surga dan neraka? Bagaimana pendapat para mufasir dalam menafsirkan Q.S. Hud ayat 107? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menjadikan kitab-kitab tafsir sebagai sumber primer. Berbagai buku tentang surga dan neraka sebagai sumber sekunder. Akhirnya penulis menemukan bahwa banyak sekali ayat dan riwayat yang melemahkan pendapat yang mengatakan bahwa surga dan neraka tidak kekal. Dan pada akhirnya, memahami al-Qur‟ān tidak bisa sepenggalsepenggal, karena akan sangat berdampak buruk pada kesimpulan-kesimpulan yang cenderung membahayakan aqidah umat Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:42
Last Modified: 20 Jan 2022 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57847

Actions (login required)

View Item View Item