Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PELANGGARAN TAYANGAN “PLIS JADIKAN AKU KEKASIHMU” DI SCTV MENURUT PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN (P3) DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (SPS)

TAUFAN SATRIA MARTA, - (2021) ANALISIS PELANGGARAN TAYANGAN “PLIS JADIKAN AKU KEKASIHMU” DI SCTV MENURUT PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN (P3) DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (SPS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Taufan Satria Marta Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Pelanggaran Tayangan “Plis Jadikan Aku Kekasihmu” Di SCTV Menurut Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) Plis Jadikan Aku Kekasihmu adalah sebuah judul Film Televisi (FTV) Indonesia yang diproduksi oleh StarVision Production dibintangi oleh para aktor dan aktris populer yang mengangkat tema romantisme percintaan remaja siswa sekolah menengah atas. FTV ini ditayangkan ulang oleh stasiun SCTV pada 25 September 2020 pukul 08:22 WIB dinilai melanggar P3-SPS KPI tahun 2012. Pasalnya, dalam program siaran ini terdapat beberapa adegan seperti penggunaan rok sekolah mini, adegan siswa berpelukan di dalam kelas dan juga berpacaran di koridor sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelanggaran pada tayangan Plis Jadikan Aku Kekasihmu di SCTV menurut Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan juga Standar Program Siaran (SPS). Metode pengumpulan data melalui analisis isi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk pelanggaran tayangan FTV “Plis Jadikan Aku Kekasihmu” di SCTV yang melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) adalah kurang memperhatikan kepentingan anak dalam produksi siarannya, dan tidak memuat tulisan klasifikasi program siaran yang seharusnya diletakkan di posisi atas gambar sehingga menyulitkan khalayak penonton mengidentifikasi program siaran. (2) Bentuk pelanggaran tayangan FTV “Plis Jadikan Aku Kekasihmu” di SCTV yang melanggar Standar Program Penyiaran (SPS) adalah penggunaan seragam rok mini di sekolah yang tidak mencerminkan etika dunia pendidikan, gaya pencitraan dan tampilan yang tidak sesuai dengan perkembangan psikologis remaja, menampilkan adegan berpelukan di dalam kelas, menampilkan atau membenarkan perilaku berpacaran di sekolah sebagai hal yang lumrah. Kata Kunci: Plis Jadikan Aku Kekasihmu, Pelanggaran, P3, SPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:39
Last Modified: 19 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57819

Actions (login required)

View Item View Item