Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN FEATURE SELECTION INFORMATION GAIN RATIO DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU

Muhammad Fauzan Wijanarko, - (2021) PENERAPAN FEATURE SELECTION INFORMATION GAIN RATIO DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzan Wijanarko_11651103693_ tanpa bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Muhammad Fauzan Wijanarko_11651103693_bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

Setiap universitas memiliki standar kelulusannya masing-masing, tergantung pada kebijakan dan standarisasi dari peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Keterlambatan kelulusan mahasiswa merupakan masalah yang sering dihadapi oleh setiap universitas. Untuk mengatasi permasalahan ini dilakukan sebuah penelitian untuk memprediksi kelulusan mahasiswa. Penelitian ini menerapkan penggabungan dua algoritma Naïve Bayes dengan algoritma feature selection information gain ratio untuk memprediksi kelulusan mahasiswa. atribut yang digunakan adalah nilai mata kuliah semester 1 sampai semester 5 dan merupakan mata kuliah inti dari jurusan teknik informatika. Pembagian Data menggunakan metode splitvalidation untuk mengubah menjadi data training dan data testing. Pengujian dilakukan menggunakan metode confussion matrix dengan 2 atribut yaitu nilai sistem digital dan nilai metode numerik dengan rasio perbandingan 90:10. Akurasi tanpa menggunakan seleksi fitur menghasilkan akurasi sebesar 79,62% dan akurasi menggunakan seleksi fitur menghasilkan akurasi sebesar 88,88%. Algoritma seleksi fitur gain ratio terbukti meningkatkan akurasi sebesar 9,26%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jan 2022 09:01
Last Modified: 17 Jan 2022 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57756

Actions (login required)

View Item View Item