Annisa Rahmadyan, - (2021) IMPLEMENTASI LEAN SERVICES UNTUK MENINGKATKAN NILAI EFISIENSI DI TOKO RADHWAA BEAUTY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV dan BAB V)
file hasil penelitian.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (file lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian)
file lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Toko X merupakan distributor produk kosmetik di Pekanbaru yang masih melakukan pendataan inventory toko secara manual. Hal ini menyebabkan terjadinya banyak pemborosan sehingga proses bisnis menjadi tidak efisien dan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan toko dalam pengiriman produk ke konsumen. Untuk mencapai proses bisnis yang efisien, Toko X dapat mengimplementasikan metode lean services sebagai perbaikan berkelanjutan. Lean services merupakan landasan dalam membuat sebuah rangkaian pelayanan agar mengefektifkan penyampaian informasi dari perusahaan hingga konsumen agar mendapatkan pelayanan yang maksimal. Melalui analisa menggunakan tools Value Stream Mapping untuk menganalisa pemborosan terhadap proses bisnis Toko X selama seminggu dimana Value Added (VA) 201 menit, Non Value Added (NVA) 339 menit dan Lead Time 540 menit menghasilkan nilai PCE proses bisnis sebesar 37,22% ditemukan pemborosan paling banyak terjadi pada proses pendataan inventory. Dalam upaya mereduksi waste pada proses bisnis Toko X dibutuhkan suatu aplikasi yang memberikan kemudahan dalam mengelola data imventory dengan memanfaatkan Ms. Access. Pembuatan desain sistem terdiri dari beberapa tahapan diantaranya pembuatan flowmap, impementasi sistem dan pengujian sistem menggunakan metode blackbox functional testing. Setelah penerapan aplikasi pada proses bisnis dilakukan analisa menggunakan Future Stream Mapping dimana Value Added (VA) 292 menit, Non Value Added (NVA) 165 menit dan Lead Time 457 menit menghasilkan nilai PCE proses bisnis sebesar 63,8% dan tidak ditemukan pemborosan pada proses pendataan inventory. Kata kunci: Lean Services, VSM, Microsoft Access, Flowmap, Blackbox Functional Testing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 09:05 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 09:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57749 |
Actions (login required)
View Item |