Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS CRUDE PALM OIL (CPO) MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) (Studi Kasus : PKS PT Mitra Bumi)

Gading Hashari, - (2021) ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS CRUDE PALM OIL (CPO) MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) (Studi Kasus : PKS PT Mitra Bumi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TA KECUALI PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS CRUDE PALM OIL (CPO) MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) (Studi Kasus : PKS PT. Mitra Bumi) GADING HASHARI 11750215125 Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR Soebrantas No.155 Pekanbaru gadinghashari@gmail.com ABSTRAK Kualitas produk merupakan faktor penting yang menjadi daya saing produk untuk bersaing di pasaran. Pengendalian mutu produk harus di terapkan di perusahaan untuk menjaga kualitas produk yang di hasilkan oleh perusahaan. Metode Statistical Quality Control (SQC) digunakan untuk mengendalikan kualitas produk sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. PKS PT Mitra Bumi adalah pabrik kelapa sawit yang mengolah tandan buah segar (TBS) yang kemudian diolah menjadi CPO (Crude Palm Oil), pada tahun 2020 ada 10,2% TBS yang di terima tergolong cacat, untuk produk jadi CPO dari pengamatan awal dari 240 sampel yang paling banyak kecatatannya adalah kadar air yaitu 144 sampel. Metode yang di gunakan untuk pengukuran kualitas adalah SQC pada penerimaan TBS menggunakan peta kendali P yang mendapatkan hasil semua data yang digunakan berada didalam kendali dan Kecacatan yang harus segera diambil Tindakan yaitu terdapat pada praksi2 (F2) atau buah mengkal di lihat menggunakan diagram pareto dan dengan diagram sebab akibat di ketahui tingginya buah mengkal masuk ke PKS PT Mitra Bumi faktor utamanya adalah manusia yang melakukan kecurangan. Pada Kecacatan CPO digunakan peta kendali X dan R pada kadar lemak bebas dari 48 data yang ada 15 data yang diluar kendali pada peta kendali X dan 2 data yang di luar batas kendali pada peta kendali R, sedangkan untuk kadar air di dalam CPO dari 48 data ada 7 data yang di luar batas kendali pada peta kendali X dan ada 2 data yang di luar batas kendali untuk peta kendali R, pada kadar kotoran yang ada di dalam CPO dari 48 data yang di teliti semuanya sudah dalam batas kendali baik itu peta kendali X maupun peta kendali R. Kecatan terbesar dari hasil produksi CPO adalah kadar asam lemak bebas yaitu 65% diketahui dengan diagram pareto, penyebab yang utama adalah bahan baku yang di terima oleh perusahaan. Kata kunci: Pengendalian kualitas, Kualitas CPO (Crude Palm Oil). Statistical Quality Control (SQC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:58
Last Modified: 19 Jan 2022 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57746

Actions (login required)

View Item View Item