Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Bimbingan Pranikah Terhadap Kesiapan Calon Pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

HANNA AFIFAH, - (2021) Pengaruh Bimbingan Pranikah Terhadap Kesiapan Calon Pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
HANNA AFIFAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peneliitan ini dilatar belakangi oleh adanya bimbingan pranikah sangat bermanfaat bagi kehidupan calon pasangan pengantin. banyaknya hal yang harus dipersiapakan oleh calon pasangan pengantin seperti kesiapan baik mental, finansial dan pengetahuan tentang pernikahanuntuk membentuk keluarga sakinah. Maka diperlukan bimbingan pranikah sebelum melangsungkan pernikahan. tetapi pada zaman sekarang para calon pasangan suami istri ada yang masih mengabaikan intruksi untuk mengikuti bimbingan pranikah bahkan tidak mengikuti bimbingan pranikah. Kurangnya kesadaran dari calon pengantin akan pentingnya bimbingan pranikah. Banyaknya pernikahan yang hancur karena kurangnya pembekalan tentang pernikahan dan persiapan yang kurang matang dari calon pasangan menyebabkan banyaknya konflik-konflik dalam rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan pranikah terhadap kesiapan calon pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptik kuantitatif, agar dapat di ketahui apakah ada pengaruh bimbingan pranikah terhadap kesiapan calon pengantin. Penulis mengambil sampel sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik Sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 17.0 For windows. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 51.388 + 0.561 X Koefisien regresi (b) bernilai positif artinya bimbingan pranikah berpengaruh positif terhadap kesiapan calon pengantin. Pada uji hipotesis diperolah t_hitung ≥t_(tabel ), yaitu 2,522 ≥ 2.048 sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bimbingan pranikah berpengaruh signifikan terhadap kesiapan calon pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Kunci: Bimbingan Pranikah, Kesiapan Calon Pengantin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:27
Last Modified: 19 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57717

Actions (login required)

View Item View Item