Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BAZNAS KABUPATEN LABUHANBATU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

IRMA YANI, - (2021) PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BAZNAS KABUPATEN LABUHANBATU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Irma Yani, (2021): Pengaruh Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh BAZNAS Kabupaten Labuhanbatu Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Baznas Kabupaten Labuhanbatu. (2) Untuk Mengetahui Tinjauan Ekonomi Syariah Mengenai Pengaruh Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Baznas Kabupaten Labuhanbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis ini menggunakan variabel independen zakat produktif dan variable dependennya tingkat pendapatan mustahik. Sample penelitian ini berjumlah 55 orang mustahik. Sample yang digunakan dengan teknik Purposive sampling atau pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Metode dalam penelitian yang digunakan yaitu analisis linear sederhana, Koefisien Determinasi (R2), dan Uji T Parsial. Dalam pelaksanaan testnya pengujian menggunakan Uji T dengan nilai t hitung sebesar 10,523 dan nilai t tabel sebesar 1,673 sehingga zakat produktif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan mustahik karena nilai t hitung > t tabel. Hasil akhir dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hasil yang positif dan signifikan antara zakat produktif dengan tingkat pedapatan mustahik, hal tersebut dibuktikan dengan kontribusi zakat produktif dalam mempengaruhi Tingkat pendapatan mustahik sebesar 67,6%, sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Tinjuan Ekonomi Syariah dalam penelitian ini adalah dalam penyaluran dana zakat produktif, dana yang disalurkan merupakan dana yang digunakan sesuai dengan Prinsip Syariah. Dalam penyaluran dana tersebut tidak ada tekanan yang diberikan kepada penerima zakat. Serta penyaluran dana zakat produktif tersebut memberikan dampak yang baik bagi mustahik Kata Kunci : Zakat Produktif, Tingkat Pendapatan mustahik, Pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:45
Last Modified: 17 Jan 2022 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57686

Actions (login required)

View Item View Item