Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS ETIKA PERSAINGAN ANTAR DISTRIBUTOR FROZEN FOOD DI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

EVIA ALFIANA, - (2021) ANALISIS ETIKA PERSAINGAN ANTAR DISTRIBUTOR FROZEN FOOD DI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Evia Alfiana (2021): Anilisis Etika Persaingan Antar Distributor Frozen Food di Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Latar belakang dalam penelitian ini adalah persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis, salah satunya pada distributor – distributor frozen food di kota Pekanbaru, berdasarkan hasil observasi di lapangan dan hasil wawancara dengan beberapa distributor persaingan yang terjadi adalah persaingan harga, banyak distributor yang membanting harga, sehingga menyebabkan harga dipasar hancur.hal ini tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam sedangkan dalam teori dikatakan bahwa dalam menjalankan bisnis perlu adanya etika didalamnya. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada para distributor frozen food. analisis datanya menggunakan analisis deskripstif yaitu setelah data terkumpul data akan dianalisis dan diberikan penjelasan dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa persaingan yang terjadi antar distributor frozen food yaitu persaingan harga dimana para distributor menjual harga di bawah harga pasar, dimana hal ini bisa menyebabkan usaha distributor lain mati. Dan dari hasil kuesioner yang di dapat bahwa penerapan etika bisnis Islam dalam persaingan antara distributor frozen food di Kota Pekanbaru belum diterapkan dengan baik terutama pada aspek keseimbangan dan kehendak bebas masih ada distributor yang membanting harga, membeda – bedakan pembeli dan distributor yang tidak ingin ada pengusaha lain yang menjual produk yang sama di satu wilayah yang sama. Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap persaingan harga yang terjadi yaitu bahwasanya dalam konsep Ekonomi Islam dilarang mnjual di atas harga pasar atau di bawah harga pasar apabila ada yang melakukan hal tersebut boleh di usir dari pasar atau di perintah untuk menyesuaikan harga di pasar. Kata kunci, Etika, Persaingan, Distributor Frozen Food

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:22
Last Modified: 14 Jan 2022 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57646

Actions (login required)

View Item View Item