Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENAMBAHAN TEPUNG DAUN SALAM (Syzygium polyanthum Walp ) DALAM RANSUM TERHADAP ERITROSIT, LEUKOSIT DAN TROMBOSIT AYAM BROILER

EDO EPINA, - (2021) PENAMBAHAN TEPUNG DAUN SALAM (Syzygium polyanthum Walp ) DALAM RANSUM TERHADAP ERITROSIT, LEUKOSIT DAN TROMBOSIT AYAM BROILER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (FILE BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Daun salam adalah tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat salah satunya meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun salam sebagai feed additive dalam ransum basal terhadap Eritrosit, Leukosit dan Trombosit ayam broiler. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 ekor DOC dan tepung daun salam. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan adalah PO: 100% ransum basal tanpa penambahan tepung daun salam 0%, PI: 98% ransum basal dengan penambahan tepung daun salam 2%, P2: 96% ransum basal dengan penambahan tepung daun salam 4% P3: 94% ransum basal dengan penambahan tepung daun salam 6%. Parameter penelitian ini adalah Eritosit, Leukosit dan Trhombosit. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis ragam dan apabila antar perlakuan berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncam taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian tepung daun salam (TDS) dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap Eritosit, Leukosit dan Trombosit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan tepung daun salam dapat mempertahankan nilai dari profil darah ayam broiler dilihat dari sel darah merah (Eritosit), sel darah putih (Leukosit) dan keping darah (Trombosit). Kata Kunci : Daun Salam, Eritosit, Leukosit dan Trombosit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 14 Jan 2022 05:16
Last Modified: 14 Jan 2022 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57624

Actions (login required)

View Item View Item