Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN KOMUNIKASI BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) SUMATERA BARAT DALAM PENYULUHAN GERAKAN TANAM (GERTAM) TERHADAP PETANI DI KOTA SOLOK

Habibullah, Habibullah (2021) PERENCANAAN KOMUNIKASI BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) SUMATERA BARAT DALAM PENYULUHAN GERAKAN TANAM (GERTAM) TERHADAP PETANI DI KOTA SOLOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Perencanaan komunikasi merupakan aktivitas yang tidak terpisahkan dalam program komunikasi, termasuk dalam penyuluhan program kegiatan kepada khalayak. Sebagaimana yang dilakukan oleh BPTP dalam melakukan penyuluhan Gerakan Tanam kepada para petani dibutuhkan perencanaan komunikasi yang efektif dan efisien agar pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh para petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perencanaan komunikasi BPTP dalam proses penyuluhan kegiatan Gerakan Tanam (GERTAM) di Kota Solok Sumatra Barat. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan perencanaan dalam penelitian ini merujuk kepada sembilam tahapan perencanaan komunikasi dari Meddleton. Dalam penelitian ini yang menjadi khalayak sasaran adalah para petani di Kota Solok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyampaikan informasi penyuluhan GERTAM kepada para petani ada dua komunikator yaitu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Petugas Formulator Pestisida. Dalam penyuluhan GERTAM, BPTP menggunakan dua jenis media yaitu media elektronik (Radio, Televisi) dan media online (Facebook, Instagram dan website). Dalam pelaksanaan program ada dua tahap yang dilakukan BPTP Kota Solok yaitu persiapan dan pelaksanaan. Penyuluhan secara lansung kepada khalayak dilakukan dua kali dalam sebulan. Kesimpulannya adalah upaya prencanaan komunikasi BPTP Sumatera Barat pada program terkait sudah terlaksana cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan komunikasi, Penyuluhan Pertanian
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:15
Last Modified: 14 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57605

Actions (login required)

View Item View Item