Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMBIMBING KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) HAJAR ASWAD DALAM MEMPERSIAPKAN BIMBINGAN MANASIK TERHADAP CALON JAMAAH HAJI KOTA PEKANBARU

DARWAN, - (2021) PERAN PEMBIMBING KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) HAJAR ASWAD DALAM MEMPERSIAPKAN BIMBINGAN MANASIK TERHADAP CALON JAMAAH HAJI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Berdasarkan pembahasan tentang Peran Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Hajar Aswad Dalam Mempersiapkan Bimbingan Manasik Terhadap Calon Jama’ah Haji Kota Pekanbaru. Dapat disimpulkan bahwa KBIH Hajar Aswad telah menerapkan peran pembimbing yaitu: Pertama, peran pembimbing sebagai pemandu bagi jama’ah haji yakni dengan pembimbing yang professional dan berkualitas karena tujuan utama KBIH Hajar Aswad adalah menjadikan jama’ah haji yang mandiri, Mabrur dan Mabruroh. Kedua, peran pembimbing sebagai penggerak bagi jama’ah haji yakni dengan cara menyampaikan tentang ibadah haji dan ibadah sunnah. Selain itu KBIH Hajar Aswad juga melakukan pembinaan serta pelatihan agar jama’ah calon haji benar-benar memahami pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya. Ketiga, peran pembimbing sebagai motivator bagi jama’ah haji dan umroh yakni dengan tidak memandang umur akan tetapi untuk mempengaruhi orang lain membutuhkan daya tarik atau dorongan serta keinginan yang timbul pada diri sendiri masing-masing jama’ah tersebut. Keempat, peran pembimbing sebagai pengarah bagi jama’ah yakni diperlakukan kesiapan materi-materi yang disampaikan sesuai dengan urutan dan diawali dengan pelaksanaan haji, rukun haji, wajib haji, sunnah haji sekaligus tentang cara dalam melaksanakan ibadah haji yaitu Haji Tamattul, Qiran, dan Ifrad. Kelima, peran pembimbing sebagai sumber informasi bagi calon jama’ah haji yakni sumber informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan. Tujuannya adalah untuk mempermudah calon jama’ah haji untuk mengakses berbagai permasalahan yang ingin ditanyakan, seperti menanyakan nomor porsi dan yang lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:22
Last Modified: 13 Jan 2022 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57554

Actions (login required)

View Item View Item