Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN FLOW AKADEMIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID’19 PADA SISWA MAN 1 KAMPAR

NURHIKMAH, - (2021) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN FLOW AKADEMIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID’19 PADA SISWA MAN 1 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHIKMAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang semula tatap muka (luring), akibat pandemi covid’19 proses pembelajaran dilaksanakan secara daring atau online. Dalam proses pembelajaran daring siswa memiliki tuntutan tugas dan belajar yang begitu padat sehingga membuat siswa menjadi bosan, merasa kurang nyaman, kurang motivasi dan tidak terlalu aktif terlibat dalam pembelajaran. Padahal, untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam melakukan aktivitas akademik diperlukan suatu kondisi yang disebut sebagai flow akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan flow akademik dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi covid’19 pada siswa MAN 1 Kampar. Sampel pada penelitian adalah siswa MAN 1 Kampar 246 siswa yang didapatkan dengan menggunaan teknik proportionate stratified random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala flow akademik dan skala self Regulated learning. Data analisis dengan menggunakan analisis product momen dari pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self regulated learning dengan flow akademik dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi covid’19 pada siswa MAN 1 Kampar dengan nilai korelasi 0, 462 dan nilai sig = 0, 000. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu ada hubungan self regulated learning dengan flow akademik dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi covid’19 pada siswa MAN 1 Kampar. Selain itu, dengan melihat R squared maka sumbangan efektif self regulated learning dengan flow akademik adalah sebesar 21, 3%. Penelitian ini mengungkapkan bahwa self regulated learning dapat menjadi salah satu kunci siswa dalam meningkatkan flow akademik dalam proses pembelajaran daring, karena self regulated learning yang baik dapat membantu siswa dalam mencapai kondisi flow akademik dalam proses pembelajaran daring. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Flow Akademik, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid’19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:10
Last Modified: 12 Jan 2022 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57530

Actions (login required)

View Item View Item