Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KOPERASI UEK DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS USAHA EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru)

Muhamad Arif, Arif (2021) PERAN KOPERASI UEK DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS USAHA EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Usaha Ekonomi Kelurahan-Simpan Pinjam (UEK-SP) Sidomulyo Barat Kelurahan Sidomulyo Barat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran Koperasi Usaha Kelurahan (UEK) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peran Koperasi Usaha Kelurahan (UEK) melalui program simpan pinjam dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Sidomulyo Barat kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Selanjutnya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Koperasi Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) melalui program simpan pinjam dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru serta untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peran Koperasi Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) melalui program simpan pinjam pada kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara. Selanjutnya teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif yaitu dengan cara menggambarkan fenomena keadaan yang ditemui dilapangan. Dengan metode ini penulis memaparkan dan menguraikan data yang didapat, dimana selanjutnya penulis menganalisa dan menginterpretasikan data dan dihubungkan dengan teori kemudian mengambil kesimpulan dan saran. Didalam penelitian ini, peran Koperasi Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) dalam meningkatkan produktivitas usaha ekonomi masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam dilihat dari tujuan program UEK-SP bagi anggota, yaitu berkembangnya usaha masyarakat, meningkatnya pendapatan masyrakat dan tercapainya kesejahteraan anggota. Hasil dari pengukuran pada masing- masing sub indikator penelitian yang dilakukan terlihat bahwa peran Koperasi Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) dalam meningkatkan produktivitas usaha ekonomi masyarakat di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan menurut perspektif ekonomi Islam terlaksana dalam kategori sangat efektif dan tidak bertentangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Perspektif Islam, Program UEK-SP
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:10
Last Modified: 12 Jan 2022 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57523

Actions (login required)

View Item View Item