Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENINGKATAN EFISIENSI ELEKTROSTATIC PRECIPITATOR (ESP) DENGAN PENERAPAN KABEL SUPREME NYY PADA ISOLATOR (STUDI KASUS : PT. PLN (PERSERO) UPK TELUK SIRIH).

Muhammad Rezki Athari, - (2021) ANALISIS PENINGKATAN EFISIENSI ELEKTROSTATIC PRECIPITATOR (ESP) DENGAN PENERAPAN KABEL SUPREME NYY PADA ISOLATOR (STUDI KASUS : PT. PLN (PERSERO) UPK TELUK SIRIH). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I-V KECUALI BAB IV ATHARI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB IV ATHARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Elektrostatic Precipitator (ESP) adalah alat pengumpul debu dengan permukaan partikel yang besar. Adapun permasalahan yang sering terjadi pada isolator ESP di PLTU Teluk Sirih adalah terjadinya retaknya isolator keramik yang disebabkan oleh terjadinya korona pada saat menggunakan batang tembaga pada isolator. Untuk mengatasi masalah tersebut solusinya adalah mengganti batang tembaga dengan kabel supreme NYY. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan efisiensi setelah mengganti batang tembaga dengan kabel supreme NYY. Pada saat terjadinya retak isolator efisiensi saat menggunakan batang tembaga yakni sebesar 58% karena tegangan yang masuk kedalam field A1 dan A2 sebesar 0 kV. Setelah penerapan kabel supreme NYY efisiensi meningkat menjadi 99,2% karena tegangan yang masuk kedalam setiap field berkisar antara 53-61 kV dan mengalami peningkatan efisiensi sebesar 41,2%. Penerapan kabel supreme NYY pada isolator juga dikatakan layak berdasarkan tegangan yang dapat didistribusikan yang mana telah memenuhi standar tegangan ESP. Sehingga pada penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan kabel supreme NYY pada isolator ESP layak untuk menggantikan batang tembaga karena mampu meneruskan tegangan dari transformer rectifier menuju discharge electrode dan dapat meminimalisir terjadinya keretakan pada isolator ESP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:49
Last Modified: 19 Jan 2022 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57513

Actions (login required)

View Item View Item