Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MUATAN I’JAZ ‘ILMI DALAM PENAFSIRAN SURAH AR-RUM AYAT 20-25 (Kajian Tafsir Tahlili)

DEBI SUKMA, - (2021) MUATAN I’JAZ ‘ILMI DALAM PENAFSIRAN SURAH AR-RUM AYAT 20-25 (Kajian Tafsir Tahlili). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img]
Preview
Text
DEBI SUKMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang muatan i’jaz ‘ilmi dalam Al-Qur’an surah ar-Rum ayat 20-25 dengan menganalisa pendapat Thantawi Jauhari dalam kitab tafsirnya al-Jawahir fi Tafsir Qur’anil Karim dan beberapa kitab tafsir bil Ra’yi lainnya seperti tafsir Mafatihul Ghaib karya Fakhruddin ar-Razi, tafsir Fi Zhilalil Qur’an karya Sayyid Quthb, dan tafsir al-Azhar Karya Buya Hamka. Al-Qur’an sarat dengan isyarat-isyarat ilmiah yang mengajak manusia menggunakan pikirannya untuk menganalisanya dengan pendekatan sains modern. Dalam surah ar-Rum ayat 20-25 isyarat-isyarat ilmiah tersebut diungkapkan dalam 6 ayat secara berturut-turut. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penafsiran tahlili, sehingga penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat 6 muatan i’jaz ‘ilmi yang terkandung dalam surah ar-Rum ayat 20-25 yaitu penciptaan manusia dari tanah, penciptaan pasangan dari jenis sendiri, perbedaan bahasa dan warna kulit manusia, waktu tidur manusia, fenomena kilat dan hujan, dan berdirinya langit dan bumi dengan kokoh. Hikmah dari muatan-muatan i’jaz ‘ilmi tersebut adalah agar manusia mampu merenungi dan menganalisa dengan segenap kemampuannya untuk menambah keyakinan akan kebesaran Allah SWT. Kata kunci: I’jaz ‘Ilmi, Penafsiran, Ar-Rum ayat 20-25.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:20
Last Modified: 20 Jan 2022 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57512

Actions (login required)

View Item View Item