Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PELAYANAN PADA KONSUMEN BENGKEL MOBIL KARYA ABADI KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

ARSRI DEVA PUTRI, - (2021) PELAKSANAAN PELAYANAN PADA KONSUMEN BENGKEL MOBIL KARYA ABADI KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Arsri Deva Putri (2021) :“Pelaksanaan Pelayanan pada Konsumen Bengkel Mobil Karya Abadi Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Perkembangan bisnis yang semakin ketat menyebabkan persaingan bisnis semakin tinggi, dimana pihak satu selalu berusaha memberikan yang lebih baik dari pesaing lainnya. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang sebaik−baiknya dengan tujuan memberikan kepuasaan kepada konsumen. Namun masih ada pelayanan yang belum sesuai dengan keinginan konsumen, untuk itu masih ada beberapa konsumen yang menyampaikan keluhannya kepada pihak bengkel. Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pelayanan dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pelaksanaan pelayanan pada konsumen Bengkel Mobil Karya Abadi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pelaksanaan pelayanan pada konsumen Bengkel Mobil Karya Abadi Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Bengkel Mobil Karya Abadi terletak di Jln. Siak 2, Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha, 2 orang karyawan dan 30 orang konsumen dan sampel seluruh jumlah populasi dengan menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumetasi. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa pelaksanaan pelayanan pada konsumen Bengkel Mobil Karya Abadi dapat dikatakan sudah baik, dapat dilihat dari segi aspek ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empaty). Namun dari aspek bukti fisik (tangibility), masih terdapat beberapa kekurangan dari segi sarana dan prasarana pada bengkel seperti belum memiliki ruang tunggu dan belum berpenampilan rapi dan profesional sepeti belum menggunakan seragam. Kemudian dari aspek kehandalan (reability), masih ada kendala di masalah waktu penyelesaian. Dalam tinjauan ekonomi syariah, pelaksanaan pelayanan pada konsumen telah sesuai dengan prinsip prinsip ekonomi Islam yang berlandaskan Alqur‟an dan hadist dan Bengkel Mobil Karya Abadi dalam menjalankan usahanya sudah memberikan pelayanan yang baik. Kata Kunci : Pelaksanaan Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:33
Last Modified: 12 Jan 2022 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57508

Actions (login required)

View Item View Item