Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KORELASI ANTARA PENGUASAAN QOWAID NAHWU DAN KEMAMPUAN INSYA’ BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN ANSHAR AL-SUNNAH

MAILA DASRI, - (2021) STUDI KORELASI ANTARA PENGUASAAN QOWAID NAHWU DAN KEMAMPUAN INSYA’ BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN ANSHAR AL-SUNNAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MAILA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maila Dasri, (2021): Studi Korelasi Antara Penguasaan Qowaid Nahwu Dan Kemampuan Insya’ Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Anshar Al-Sunnah Penelitian ini adalah Penelitian Korelasi yang bertujuan untuk mengetahui Penguasaan Qowaid Nahwu dengan Kemampuan Insya’ Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Anshar Al-Sunnah. Populasi penelitian ini adalah kelas tiga Pondok Pesantren Anshor As-sunnah Air Tiris yang berjumlah 186 siswa/i dengan sampel yang di ambil sebanyak 37 siswa/i. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Penguasaan qowaid nahwu dan Kemampuan insya’ serta hubungannya terhadap siswa kelas tiga di Pondok Pesantren Anshor As-sunnah Air Tiris. Sebagai penelitian Korelasi, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS25 untuk mencari korelasi dan rumus skala likert: P = x 100% untuk mencari faktor pendukung dan faktor penghambat. Diketahui bahwa, terdapat hubungan yang rendah antara penguasaan qowaid nahwu dengan Kemampuan Insya’ Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Anshar Al-Sunnah, yang ditunjukkan dengan nilai diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,281 lebih besar dari probabilitas 0,05 (0,281>0,05). Dan juga diketahui bahwa nilai t hitung sebsar 1,094 lebih kecil dari nilai t tabel 2,030 (1,094<2,030). maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan qowaid dan penulisan insya’. diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,033. Nilai tersebut bermakna bahwa korelasi antara penguasaan qawa’id dan penulisan insya’ sebesar 3,3% tergolong sangat rendah. Dengan demikian kesimpulannya adalah tinggi rendahnya kemampuan insya’ kelas tiga Pondok Pesantren Anshor As-Sunnah Air Tiris hubungannya sangat rendah dengan penguasaan qowaid nahwu yang dimiliki oleh siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:33
Last Modified: 11 Jan 2022 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57496

Actions (login required)

View Item View Item