Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PENETAPAN HARGA SISTEM PRASMANAN DI WARUNG GEPREK (WARPREK) JALAN TAMAN KARYA, PEKANBARU

MUHAMMAD RIDWAN, - (2021) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PENETAPAN HARGA SISTEM PRASMANAN DI WARUNG GEPREK (WARPREK) JALAN TAMAN KARYA, PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi M. Ridwan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ridwan (2021) : Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Penetapan Harga Sistem Prasmanan di Warung Geprek (Warprek) Jalan Taman Karya, Pekanbaru Penelitian skripsi ini membahas tentang mekanisme penetapan harga sistem prasmanan di warung geprek (warprek) jalan Taman Karya, Pekanbaru. Judul ini penulis angkat di karenakan dalam mekanisme penetapan harga di warung geprek (warprek) terdapat permasalahan yaitu adanya ketidakjelasan harga yang ada pada daftar menu dengan harga pada saat membayar ke kasir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme penetapan harga sistem prasmanan di warprek, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga sistem prasmanan di warung geprek (warprek) di jalan Taman Karya, Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnya menyangkut data yang ada di lapangan, dan sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 27 orang, yang terdiri dari 20 orang konsumen, 6 orang karyawan, dan 1 orang pemilik dengan teknik sampel jenuh yaitu penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sumber data ini diperoleh langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang menggambarkan atau mengungkapkan fakta yang apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat di ambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mekanisme penetapan harga sistem prasmanan di warung geprek (warprek) jalan Taman Karya, Pekanbaru adalah harga yang tercantum pada menu tidak sesuai dengan harga pada saat membayar di kasir, atau tidak ada kejelasan pada menu makanan. Adapun berdasarkan tinjauan Fiqh Muamalah penetapan harga sistem prasmanan adalah boleh, yakni ketika tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan tetap mengedepankan konsep kejujuran jual beli sesuai pandangan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:57
Last Modified: 11 Jan 2022 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57486

Actions (login required)

View Item View Item