Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN MEDIA SOSIAL PADA PENJUALAN USAHA SALADBUAH RC PADA MASA COVID 19 DI PEKANBARU DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH

TRI SELVI MAULANA, - (2021) PERANAN MEDIA SOSIAL PADA PENJUALAN USAHA SALADBUAH RC PADA MASA COVID 19 DI PEKANBARU DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini Berjudul : “Peran Media Sosial pada Penjualan Usaha Salad Buah RC Pada Masa Covid 19 di Pekanbaru dalam Persepektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Usaha Salad Buah RC Jl. Pattimura N0.16 kelurahan Cintaraja Kecamatan Sail, Gobah)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya kenaikan penjualan usaha Salad Buah RC pada masa covid 19 saat menggunakan media sosial dalam penjualannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran media sosial pada penjualan usaha Salad Buah RC Pekanbaru pada masa covid 19, bagaimana peluang dan tantangan usaha Salad Buah RC pada masa Covid 19 dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap peran media sosial pada penjualan usaha Salad Buah RC pada masa Covid 19 di Pekanbaru. Penelitian ini bersifat lapangan, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan Teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik toko, pengelola dan karyawan Berdasarkan hasil penelitian pada usaha Salad Buah RC ini memasarkan produknya pada masa Covid 19 melalui media sosial yaitu Facebook, Instagram dan juga WhatsApp. Pemilik melakukan pemasaran dengan cara melalui chat, update status, upload foto dan juga video yang menarik. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan penjualan hingga 13.639.000 pada bulan Mei 2021 penjualan melalui media sosial pun memiliki peluang dan tantangan seperti luasnya jaringan, pesanan yang pasti, dan banyaknya pengguna media sosial sedangkan tantangannya terutama banyaknya pesaing, karakter pelanggan yang beraneka macam,jujur, serta adanya return barang yang rusak. Usaha Salad Buah RC ini menggunakan akad as-salam dan sudah menjalankan prinsip-prinsip Syariah yaitu, Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabliqh. Katakunci : Media Sosial, Usaha Kecil dan Menengah, Salad Buah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:22
Last Modified: 10 Jan 2022 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57453

Actions (login required)

View Item View Item