Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

MEGA LESTARI, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEGA LESTARI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mega Lestari, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Hasil Belajar Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS berbasis Problem Based Learning pada materi perbandingan dan skala untuk siswa SMP kelas VII yang berorientasi pada Hasil belajar matematis. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Mujtahadah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor maksimal dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata LKS dengan kriteria baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa dari dengan kriteria sangat baik dan persentase rata-rata lembar observasi keterlaksanaan kegiataan pembelajaran, dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil pretest dan post-test dengan peningkatan persentase ketuntasan dari dengan kriteria sangat baik, efektif dan efisien. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, untuk memfasilitasi hasil belajar matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:08
Last Modified: 10 Jan 2022 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57412

Actions (login required)

View Item View Item