Reni Novita (2014) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LIPATKAIN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (40kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Reni Novita (2011), Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lipatkain Kampar. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi pendidikan. Berbeda dari pengaturan kegiatan intrakurikuler yang secara jelas disiapkan dalam perangkat kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler lebih mengandalkan inisiatif sekolah masing-masing. MTsN Lipatkain sebagai institusi pendidikan formal telah melaksanakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, pencak silat, kaligrafi dan kegiatan olah raga lainnya. Proses pembinaan selama ini berjalan dan terprogram pada setiap minggunya. Namun belum maksimal dan belum menunjukkan prestasi yang gemilang, banyak faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu penelitian ini difokuskan pada masalah manajemen kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Lipatkain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti bertindak sebagai key instrument yang berpartisipasi aktif dalam mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasikan data tentang pokok bahasan. Temuan penelitian menunjukan bahwa pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Lipatkain dalam fungsi perencanaan awal yakni dalam penyelenggaraan suatu jenis kegiatan sudah menggunakan pola top down planning dan juga menggunakan button up planning. Sedangkan perencanaan untuk setiap pertemuan belum berjalan secara optimal. Pembina kegiatan membuat rencana kegiatan untuk satu tahun. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sudah berjalan, hanya fungsi pengawasan dan evaluasi yang kurang optimal dilaksanakan. Pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan ekstrakurikuler ini hanya intens dilaksanakan ketika akan menghadapi perlombaan, sementara dalam kegiatan sehari-hari jarang dilakukan. Hasil kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Lipatkan telah dapat menyalurkan bakat dan minat para siswa, bahkan beberapa di antaranya dapat meraih prestasi yang membanggakan pada perlombaan-perlombaan yang diikutinya, baik tingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi serta dapat mengangkat nama baik Madrasah di masyarakat. Juga berpengaruh terhadap prilaku dan sikap serta keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan madrasah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Lipatkain, yakni faktor pendukung, antara lain (1) Sumber daya pembina kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki kompetensi memadai, meskipun belum memiliki sertifikat kepelatihan (2) Manajerial dan kepemimpina Kepala Madrasah dalam memberikan perhatian kepada kegiatan ekstrakurikuler, (3) Antusias dan minat para siswa cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Sementara faktor penghambat untuk kegiatan ekstrakurikuler di MTsN Lipatkain, (1) Fasilitas atau sarana prasarana untuk kegiatan yang masih minim. (2) Waktu pelaksanaan yang sangat terbatas. (3) Biaya/dana untuk kegiatan ini sangat minim. (4) Faktor pengawasan dan motivasi dari pimpinan terhadap kegiatan ini jarang sekali. (5) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler jarang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:20 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5741 |
Actions (login required)
View Item |