Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE DAKWAH MAJELIS TAKLIM AT-TAYYIBAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI DESA SUNGAI RAWA KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

HERNA DAYANA SANTIKA, - (2021) METODE DAKWAH MAJELIS TAKLIM AT-TAYYIBAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI DESA SUNGAI RAWA KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK METODE DAKWAH MAJELIS TAKLIM AT-TAYYIBAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI DESA SUNGAI RAWA KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK By : Herna Dayana Santika 11840423824 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa di Desa Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak kurangnya pemahaman keagamaan masyarakat khususnya kaum wanita dalam menjalankan syari’at Islam sehingga Majelis Taklim At-Tayyibah melakukan berbagai metode dakwah untuk meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat Desa Sungai Rawa agar masyarakat bisa menjalankan syari’at Islam dengan baik dan benar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa metode dakwah yang dilakukan Majelis Ta’lim At- Tayyibah dalam meningkatkan pemahaman agama di desa Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa metode dakwah yang dilakukan Majelis Ta’lim At-Tayyibah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di desa Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak .Yang menjadi lokasi penelitian ini adalah Majelis Taklim At-Tayyibah Desa Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Metode Dakwah yang diterapkan oleh Majelis Taklim At-Tayyibah dalam menigkatkan pemahaman keagamaan di Desa Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit adalah : pertama metode dakwah billisan yaitu dengan mengajak kebaikan melalui lisan jama’ah dan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad pada setiap pengajian. Kedua metode dakwah bilqalam yaitu dengan mempelajari ilmu-ilmu agama dari dakwah bil-qalam, yang ketiga metode dakwah bil-hal yaitu dilakukan dalam bentuk perbuatan nyata seperti melaksanakan pelatihan solat jenazah, perubahan prilaku dan sikap sesuai syari’at, dan melaksanakan bakti sosial. Dan yang ke empat metode dakwah mau’izah hasanah yaitu berbicara dengan baik dan penuh kasih sayang berisi nasehat-nasehat yang mengandung petunjuk untuk hidup berdasarkana ajaran agama Kata Kunci: Metode Dakwah, Majelis Taklim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:13
Last Modified: 10 Jan 2022 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57385

Actions (login required)

View Item View Item